Selasa, 24 September 2013

Tugas Konsep Sistem Informasi

Sistem Terbuka dan Sistem Tertutup

Contoh Sistem Implementasi Terbuka dan Tertutup

Sistem Implementasi Terbuka
       Sistem terbuka, yaitu suatu sistem yang saling berinteraksi dengan lingkunganya dimana sistem ini     menerima masukan dari lingkungannya dan menghasilkan keluaran untuk lingkung luar atau sistem lainnya. Maka dari itu suatu sistem terbuka harus mempunyai suatu sistem pengadilan yang baik.

Contoh      :    Operasi System dari Linux, linux ini system operasi yang jenisnya terbuka, karena semua     orang mampu memodifikasi system tersebut sesuai keinginan mereka, keuntungan dari system oprasi ini yaitu para user bisa mendapatkan Oprasi System secara gratis, adapun kelemahan dari system oprasi linux, tidak semua user dapat memodifikasi system oprasi dari Linux.

Sistem Implementasi Tertutup
       Sistem tertutup menekankan adanya keteraturan dan keajengan seperti mesin pabrik yang bergerak berdasarkan aturannya untuk menjaga adanya kestabilan. Max Weber menyebutnya tipe ideal dari suatu organisasi. Suatu tipe ideal adalah bahwa organisasi itu berusaha untuk menjadi apa yang seharusnya terjadi.
       Sistem tertutup ini dinamakan pula sebagai sistem yang klasik atau tradisional. Artinya bukan lagi tidak dipakai melainkan sudah ada system yang lebih baru. Sistem ini masih dianggap penting sampai sekarang.

Contoh      :     Microsoft Corporation, mereka membuat system dengan tertutup, jadi      si pengguna tidak bisa memodifikasi system file produk dari Microsoft seperti Operasi System Windows. Kelemahan dari produk ini yaitu kita harus mendapatkanya dengan membelinya. Jika kita mendapatkan secara gratis, maka OS tersebut adalah versi bajakan. Keuntunganya menggunakan OS ini semua user mampu menggunakanya.


PENGERTIAN SISTEM

      Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.




     Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.



     Kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.



     Dari penjabaran pengertian tentang sistem diatas bisa kita ambil kesimpulan bahwa sistem itu memang kompleks dan sangat terkait dengan hal yang ada didalamnya, karena sistem tidak akan jalan apabila salah satu elemen sistem tersebut tidak jalan.



KESIMPULAN

      Sistem Teori merupakan suatu konsep dasar yang menjelaskan hubungan sistematis suatu fenomena dengan cara merinci suatu hubungan sebab – akibat yang terjadi. Di kehidupan sehari-hari istilah sistem teori sering dihubungkan dengan praktik, sistem teori kadang-kadang tidak mudah dipahami karena sifatnya cenderung abstrak. Memahami pemikiran secara abstrak barangkali bukan tugas yang mudah. Namun, sesuatu yang sulit bukan berarti tidak berguna. Seorang ahli mengatakan, tidak ada yang lebih praktis daripada teori yang bermanfaat, artinya, dengan menguasai suatu teori secara baik seseorang akan lebih mudah menangani hal-hal praktis yang berkaitan dengan ilmu dilapangan. Dibelakang setiap sistem teori terdapat asumsi-asumsi yang membentuk sudut pandang suatu teori biasanya asumsi tersebut berpola objektif dan subjektif. Maksudnya, realita secara objektif dapat diukur, jadi system yang dipakai dalam teori system adalah teori system terbuka.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laman